Sunday 1 December 2013

Membasmi Nyamuk Ramah Bayi

Nyamuuuuuk... Hrrr gemes banget ama nyamuk akhir-akhir ini. Secara dulu waktu masih baru lahiran di Malang engga ada blass yang namanya nyamuk. Eh begitu ke Depok lha kok nyamuknya semacam dawet.. Ganaasss. Naura baru dateng uda kena kenang-kenangan. Hiiks.

Tanya sana-sini and googling kesana kemari akhirnyalah berbagai metode saya coba.
  1. Minyak sereh. Lumayan ampuh mengurangi (bukan menghilangkan). Saya pake minyak sereh cap dragon, harganya 10rb belinya di apotik. Caranya, seduh air sampai mendidih. Tuang ke mangkuk kecil dan tetesi minyak sereh. Taruh di sudut-sudut ruangan. Jadi kaya semacam aromatherapy gitu. Baunya enak sih menurut saya. Segeeer. Minusnya, kalo uap airnya uda ilang baunya otomatis memudar jadi nyamuknya dateng lagi T_T. Terakhir sama masukin minyak sereh ke alat pembasmi nyamuk yang listrik itu. Jadi isi obat nyamuknya saya buang, saya masukin minyak sereh. Membantuu dan ga perlu bolak balik seduh air hehe. Oia, suami saya juga sering pake minyak sereh sebelum tidur supaya engga digigitin nyamuk. Efektif lho. Dan bonusnya, keesokan hari ruangan jadi lebih harum aroma sereh.
  2. Raket nyamuk. Hahahaha solusi ini lumayan buat sarana olahraga. Lari sana lari sini dan tangan mengayun-ayun. Kalo nyamuknya satu dua sih oke. Begitu nyamuknya sepasukan ya kerasa buangeet. Solusi ini tidak disarankan kalo baby kita masih kagetan ya.. Yang ada malah engga bisa bubu soalnya denger suara raket :D
  3. Bed canopy/ tudung/ kelambu. Ukurannya yang gede emang sedikit mengganggu pemandangan. Berasa punya tenda di atas tempat tidur haha. Tapi sangaat membantu. Kita bisa tidur nyenyak sambil kelonan sama baby. Coba kalo baby-nya aja yang ditudungin kan kita ga bisa saling sentuh and ribet kalo mau  nenen. Musti buka tudung dia dulu. Minusnya ya itu, kurang rapi and berasa ada tenda di kamar. Oia, harganya bed canopy engga murah sih menurut standar saya 500rban. Jadi lumayan modal. Alhamdulillahnya ini saya dapet kado dari temen suami. Makasih yaaa.. Ngebantu banget :)
  4. Lotion anti nyamuk buat baby. Saya kemarin pake my baby yang anti nyamuk. Ternyata sama dokter kurang disarankan karena Naura ada riwayat alergi. Jadi kulitnya cuma bisa dikasih  baby cream. Jadi kalo misal abis kecolongan digigit nyamuk Naura saya kasih baby cream or minyak tawon aja. Masih ngebekas sih.. Oia kemarin diminta beli sebamed buat penanganan kalo abis digigit nyamuk. Saya belum beli. Nanti deh di review lagi.
  5. Terakhir dan karena uda mentok. Obat nyamuk semprot. Ternyata yaa sarangnya itu dibawah tempat tidur. Ohlala.. Langsung deh Naura saya bawa keatas sampe pagi dan saya ama suami operasi itu nyamuk. Begitu disemprot wuiiih, kaya dawet saking banyaknya. Haha merdekaaa. Setelah kerja bakti bersihlah rumah sama nyamuk.. Alhamdulillah.. :) Inget ya, harus lama ngungsiin bayinya supaya engga menghirup udara bekas semprotan obat.

No comments:

Post a Comment