Wednesday 8 January 2014

Jamur Tiram Goreng Crispy

Jamur tiram termasuk salah satu makanan favorit saya. Selain murah, juga bisa diolah dengan berbagai variasi. Yang paling favorit. Jamur goreng crispy. Apalagi yang sering dijual di Warung Spesial Sambal (SS) dan dicocol dengan sambal terasi plus nasi hangat. Woow! Subhanallah ya rasanya.

Resep jamur crispy ini dikenalkan oleh tetangga saya yang di Malang. Kuncinya adalah di teknik menggoreng dan larutannya. Resep asli menggunakan soda untuk tingkat kerenyahan lebih lama (bisa sampe 2 minggu lho). Tapi saya lebih suka pakai air biasa jika untuk santapan bersama nasi atau sekedar camilan sore hari.

Bahan:
  1. Jamur Tiram 100gram
  2. Larutan untuk mencuci 100ml.  ( soda untuk disimpan selama 2 minggu di dalam food container atau cukup dengan air biasa untuk dimakan dalam jangka waktu tidak lebih dari 6jam)
  3. Tepung Terigu 3sdm
  4. Tepung Tapiko 1/2sdm
  5. Merica Bubuk 1/4 sdt dan 1/2 sdt
  6. Garam sejumput
Cara Membuat:
  1. Cuci bersih jamur. Balur dengan larutan (air atau soda). Potong sesuai selera. Letakkan diatas saringan.
  2. Taburi merica 1/4sdt dan sejumput garam. Lalu peras. Dan tunggu hingga air meretas.
  3. Aduk tepung terigu, tepung tapioka, merica 1/2 sdt dan garam. Letakkan diatas piring.
  4. Masukkan jamur ke campuran tepung. Ratakan balurannya.
  5. Siapkan minyak. Panaskan. Lalu kecilkan api. Masukkan jamurnya. Jaga api tetap kecil. Jangan diaduk-aduk atau dibalik. Tunggu hingga buih2 hilang. Baru angkat. (Api terlalu besar menyebabkan jamur cepat gosong dan jangan angkat sebelum buih hilang. Ini tips agar kerenyahan terjaga).
  6. Saring, tiriskan minyak. Sajikan. Cocok dengan sambal limau atau saus sambal.

Bagaimana jika setelah disajikan beberapa lama dan jamur tidak crispy lagi? Goreng sebentar dalam minyak panas. Crispy-nya akan kembali lagi.

No comments:

Post a Comment