Tuesday 21 January 2014

Brownies Kukus (Modified Resep from Bunda Asrida)

Alhamdulillah kemarin ada kesempatan kursus cooking online gratis dari Masakan Praktis Rumahan. Yeey! Seneng banget! Temanya Cheese Brownies.Resep asli dari Bunda Asrida di oven dan saya engga punya oven. Jadi ya ganti di kukus aja. Resepnya pun saya modif. Percobaan pertama gagal total, kemanisan plus adonan lembek. Yaiya kelembekan wong adonan untuk dioven saya kukus. Hiks. Percobaan kedua sukses dan bikin senyum saya mengembang di hari sabtu yang gerimis itu :D

Resep di bawah ini setelah di modifikasi ya. Keju saya skip biar lebih hemat hehe.

 
Bahan Coklat:
  • Dark cooking coklat 100gr
  • Butter 100gr
  • Telur 1btr
Bahan Adonan Tepung:
  • Telur 3 btr
  • Gula 150gr
  • Emulsifier 1sdt (saya pake SP)
  • Vanila essence 1/4 sdt
  • Garam 1/4 sdt
  • Tepung terigu 150gr
  • Minyak goreng 65ml
  • Santan 65ml (saya pakai 1 bungkus santan instan Kara)
Cara Membuat:
  1. Iris tipis dcc. Lelehkan dengan butter dengan sistem tim. Setelah dingin masukkan telur dan aduk  rata. Sisihkan.
  2. Panaskan kukusan. Alasi tutup dengan serbet agar air tidak menetes ke kue saat mengkukus.
  3. Mixer telur, gula, sp, garam dan essence vanila sampai mengembang.
  4. Masukkan minyak goreng, santan lalu campuran coklat dan butter. Aduk dengan spatula.
  5. Masukkan tepung terigu. Aduk perlahan.
  6. Masukkan ke cetakan dan kukus 20  menit. Api jangan terlalu besar agar adonan tidak tenggelam (untuk hiasan topping saya gunakan adonan putih yang diteteskan bentuk bulat-bulat diatas adonan).
  7. Dinginkan baru tuang dari cetakan.

2 comments:

  1. waktu pertama kali gagal gimana cara meng-eksekusi adonan yg lembek? ada ide gak,,kebetulan aku juga begitu,,keliatannya bagus tapi setelah di iris dalamnya meleleh hehehe,,,bisa gak di jadikan kue kering dgn tambahan tepung? sekian makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba Dwi..
      Waktu pertama gagal karena lembek, itu bisa karena terlalu banyak minyak atau tepungnya yang kurang. Kue kering? Bisa doonk.. Jadi kaya cookies. Tapi sayang belum nemu resep yang oke nih :D

      Delete