Sunday 6 April 2014

Menu MPASI Naura 6 bulan

Time flies. Engga kerasa Naura uda sebulan MPASI. So far maemnya nyenengin bangeeeets. Engga pernah nolak. Selalu abis, telap-telep (lahap), plus cepet maemnya. Iiih seneng banget Ibu, Nak :* Tuh liat dia suka ketawa ketiwi sendiri kalo lagi maem. Oia, Naura 6bln ini duduknya belum kokoh. Jadi saya sandarkan di bantalan kursi dengan kemiringan kira-kira 120 derajat. Tersedak? Engga kok. Pastikan posisinya lurus dan kekentalan makanan yang diberikan sesuai dengan kemampuan bayi. Mau membiasakan makan sambil duduk di tempat sejak dini :)
Minggu Pertama
  • Apukat mentega. 3 hari. Sehari sekali. Apukat dikerok pake sendok makan. Trus dibecek-becek sampe halus. Hari pertama: Apukat halus 1sdm, ASIP 1 sdm. Hari kedua: Apukat halus 2sdm, ASIP 1 sdm. Hari ketiga: Apukat halus 2sdm, ASIP 1 sdm.
  • Pisang ambon. 2 hari. Sehari sekali. Pisang dikerok pake sendok makan. Trus dibecek-becek sampe halus. Pisang halus 2sdm. ASIP 1/2sdm.
  • Tepung gasol. 1hari. Sehari sekali. Tepung gasol 1sdt + air matang 50ml. Masak api sedang 5 menit sampe mengental. Setelah dingin tambah ASIP 1sdm. Ini porsinya kebanyakan. Tapi kalo dikurangi lagi bingung masaknya hehe.
Minggu Kedua
  • Tepung gasol. 2hari. Sehari 2x. Tepung gasol 2sdt + air matang 75ml. Masak api sedang 5 menit sampe mengental. Setelah dingin tambah ASIP 1,5sdm. Untuk 2x makan.
  • Kabocha kukus. 3hari. Sehari 2x. Kabocha kukus 100gr blender halus. Bagi 2. Sebelum penyajian campur ASIP. Kekentalan menyesuaikan kondisi baby ya. Kalo sudah bisa lebih kental ASIP bisa sedikit saja.
  • Buncis kukus. 2hari. Sehari 2x. Buncis kukus 100gr blender halus. Bagi 2. Sebelum penyajian campur ASIP. Kekentalan menyesuaikan kondisi baby ya. Kalo sudah bisa lebih kental ASIP bisa sedikit saja.
Minggu Ketiga

Stock kaldu dimulaaai. Uda minggu ketiga waktunya bikin kaldu buat tambahan asupan protein :). Ini back to preferensi mommy masing-masing ya. Menurut WHO asupan protein tambahan sebaiknya diberikan di minggu ketiga pemberian MPASI. Ada juga yang lebih baik ditunda sampai 8bulan.
Kaldu minggu ini adalah kaldu daging sapi:
Daging sapi 250gr. 1/2 siung bawang putih potong jadi 4. 1bh tomat potong jadi 4. 1bh wortel potong jadi 4. 1bh kentang kecil potong jadi 4. 1 batang daun seledri. 1lt air. Cuci daging. Didihkan air. Masukkan daging. Tunggu sebentar. Hingga keluar gumpalan2 coklat. Buang gumpalannya. Masukkan bumbu-bumbu. Biarkan kurleb 15 menit. Matikan kompor. Tunggu dingin. Masukkan ke plastik es lilin (takaran sekali saji kira-kira 75ml). Masukkan freezer. Gunakan saat hendak dipakai saja)
  • Puree kentang kaldu. 2hari. Sehari 2x. Kentang kukus 2btr blender halus dengan kaldu. Bagi 2. Sebelum penyajian campur ASIP. Kekentalan menyesuaikan kondisi baby. Penyajian kedua kentangnya non ASIP, Naura lebih suka. Jadi mulai sekarang puree-nya non ASIP. Cukup kaldu (ini kembali ke preferensi Ibu ya ^^)
  • Puree pokcay kaldu. 2hari. Sehari 2x. Pokcay kukus 2bonggol. Buang ujungnya. Blender halus dengan kaldu. Bagi 2.
  • Puree wortel kaldu. 2hari. Sehari 2x.Wortel  kukus 3butir. Blender halus dengan kaldu. Bagi 2.
  • Puree pokcay wortel kaldu. 1hari. Sehari 2x.Wortel 2btr dan pokcay 1bonggol kukus. Blender halus dengan kaldu. Bagi 2.
  • Camilan puree pepaya atau puree tomat, di siang hari. 1x sehari.
Minggu Keempat
  • Puree pokcay kentang kaldu. 2hari. Sehari 2x. Kentang 2btr dan pokcay 1bonggol kukus. Blender halus dengan kaldu. Bagi 2.
  • Puree wortel kentang kaldu. 2hari. Sehari 2x. Kentang 2btr dan wortel 2bh kukus. Blender halus dengan kaldu. Bagi 2.
  • Puree labu siam wortel. 2hari. Sehari3x. Labu siam kecil 3btr dan wortel 2bh kukus. Blender halus dengan kaldu. Bagi 3.
  • Camilan puree pepaya atau puree tomat atau puree apel atau puree pisang, di siang hari. 1x sehari.

Lesson learned (pembelajaran) ^^
  • Saat akan membuat puree pokcay dengan campuran lainnya. Pastikan pokcay sudah dalam keadaan terblender halus. Karena jika tidak pokcay akan terlilit di mata pisau dan blendernya akan panas. Saya mengalami sendiri :(
  • Tidak perlu membeli kukusan tersendiri untuk MPASI. Gunakan peralatan yang ada. Untuk saya, saya hanya membeli saringan kelapa dari aluminium seharga 6rb + panci yang nantinya akan saya gunakan untuk memasak gasol seharga 40rb. Saringan diletakkan diatas panci yang diisi air. Murah meriah. Bentuknya seperti ini:
 
  • MPASI itu simpel sebenarnya. Gunakan saja bahan yang biasanya ada di tukang sayur sebagai menu utama. Kentang, wortel, tomat, buncis, brokoli, pokcay, bayam, sawi putih, ubi, pisang, pepaya, apel. Semua itu mudah ditemui di tukang sayur kan?  
  • Peralatan yang diperlukan engga banyak: sendok bayi yang pipih, mangkuk, tissue, alat kukus, saringan (atau blender jika ada budget berlebih).
  • Slabber/celemek/bib. Efektifkah? Kurang lho, karena dengan teknik menyuapi yang benar makanan tidak akan jatuh ke baju bayi. Selain itu. Tissue yang digantukan di dada baby sudah cukup kok. Kecuali memang kita ada budget lebih dan pengen punya celemek unyu, ya monggo hehe (inget diri sendiri yang uda lapar mata beli celemek sampe 6 biji dan ujungnya cuma make tissue aja T_T)
  • Takaran pemberian MPASI? Pengalaman kemarin, awal2 masih hitungan 1 atau 2sdm. Masuk akhir minggu ketiga uda semakin banyak. Sekarang 4sdm sekali makan dengan kondisi makanan kental. Takaran kental, makanan disendok tidak akan tumpah saat sendok dibalik.

5 comments:

  1. mb salam kenal y...suka postingannya jd byk belajar nie..bayiku baru 3bulan mb anak pertama jd bth byk panduan..
    posting yg byk y mb hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Happy MPASI ya Mba ^^ Ini lagi disusun niih menu-menu favorit Naura :D

      Delete
  2. hai mbaa ,, salam kenal, btw mau tanya .. itu kan makananya selalu dibagi untuk 2 porsi, nah yg satu porsi untuk sorenya disimpan dimana yah? dikulkas atau dibiarkan di suhu ruangan? cara mengahangatkannya gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Mitha.. selalu saya bagi 2 menjadi 2 porsi. Porsi satunya saya letakkan di kulkas dan dihangatkan sebentar di foodwarmer atau magicom sebelum disajikan. Happy MPASI :)

      Delete
  3. wah mb trimakasih ya... bisa jadi refrensi buat bebe mpasi, skrg masih 4 bln tapi momi udah mikirin mpasi 😁

    ReplyDelete