Sunday 19 January 2014

Perlengkapan Bayi Newborn (Baru Lahir)

Saya menikmati masa-masa setelah 7 bulan, di fase ini kita udah lega untuk mulai menyicil keperluan bayi. Seneng rasanya googling review keperluan bayi trus bandingin harganya dari olshop ke olshop lain. Engga semuanya olshop, beberapa beli toko bayi dekat rumah yang memang harganya lebih miring. Cuma resikonya ya itu, lapar mata. Tujuan dan realisasi suka berbeda :D

Psst.. gambar dan judul sedikit tidak nyambung. Yah karena ada kata-kata newborn-nya maka foto yang dipasang pas naura newly born hehe.

Back to the topic. Supaya lebih  mudah, barang-barangnya saya grouping berdasarkan type-nya ya.

Clothing
  1. Setelan lengan dan celana panjang 6pcs. Merk bisa apa aja yang penting halus dan dingin. Saya kemarin pake libby.  30rb/pasang.
  2. Setelan lengan dan celana pendek 3pcs. Merk bisa apa aja yang penting halus dan dingin. Saya kemarin pake libby.  25rb/pasang.
  3. Tambahan celana panjang dan pendek. 6 pcs. 15rb/bh. Penting karena pake popok kain jadi ada kalanya pipisnya nerembes.
  4. Jumper 5pcs. Suka yang dari carters. 90rb/set (isi 5)
  5. Popok kain standar (yang ada talinya itu lho) 1 lusin. Harganya lupa soalnya dibeliin.
  6. Popok kain garis-garis 1 lusin. 45rb/lusin
  7. Insert homemade dari handuk microfiber. 20pcs. Jadi saya beli handuk microfiber meteran trus disulap dibawa ke penjahit. Hemaat. 200rb dapet 20 insert plus ongkos jahitnya. Performanya lebih bagus dari popok kain garis2. Lebih lembut pula. Ini andalan banget.
  8. Pampers NB. Buat kalo bepergian gitu misal cek dokter. Kalo pake popok kain biasa takut tembus and clodi masih terlalu bulky. Saya suka mamypoko yang standard. 30rb isi 24 pcs.
  9. Clodi 1 lusin plus insert 2 lusin. Saya pakai babyland, soby minky dan GG. Kepakainya pas Naura uda 2 bulan. Untuk newborn saya lebih suka pakai popok kain biasa dan insert homemade itu. Ini pos paling gede. Saya habis sejutaan di investasi clodi ini. Tapi memang berasa worth it  banget. Karena dipakainya setelah usia 2 bulan maka pembelian clodi bisa dicicil jauh-jauh hari biar engga kerasa mahalnya. Review clodi ada disini.
  10. Kain bedong 6pcs. Multifungsi bisa jadi selimut dan nursing cover kalo pas bepergian.
  11. Sarung tangan 6pcs. Cuma kepakai sebulan pertama.
  12. Kaos kaki 1 lusin (ini Ibu saya hoby banget beli kaos kaki jadinya kebanyakan stok. Kepake banget karena di Malang dingin)
  13. Topi or kupluk 2 pcs.
  14. Gurita 6pcs. Dipake bentar aja supaya engga gampang kembung and engga usah terlalu kenceng. Kepake pas tali pusar masih ada and kalo nampel perut pake daun jarak.
  15. Kaos dalam 6 pcs.
  16. Gendongan katun sling. Ga bisa pakai yang jarik. Selain itu katun sling coraknya lucu2. 160rb merk cozy land. Biar tetep kece kalo lagi jalan2 :D Ga suka yang wrab soalnya ribeeuut dan lama makenya. Dapet kado gendongan kanguruu tapi baru bisa dipake pas 4,5bln. Nunggu kepalanya tegak. Trus beli gendongan bisa dihold karena pengalaman saya banyak banget yang kasih kado gendongan :D. Daripada mubadzir.
Bedding
  1. Alas tidur. Bisa yang satu set dengan bantal dan guling.
  2. Satu set bantal dan guling. Better punya beberapa bantal karena baby suka berkeringat, jadi saat satunya basah dan dijemur kita masih ada cadangannya. Guling kurang kepake.
  3. Sarung bantal cadangan 2 pcs.
  4. Perlak dari bahan empuk untuk alas tidur 1.
  5. Tudung atau tirai nyamuk. Pentiiiing. Enak pakai yang model bed canopy. Agar saat malam hari ibu dan baby lebih nyaman. Resikonya ya rumah kurang rapi karena bikin kamar kelihatan penuuuh gitu deh. Plus harganya lumayan mihil. Paling bagus merk javan 300rban. Alhamdulillah ini kado. Worth it banget.
  6. Raket nyamuk.
  7. Minyak sereh. Ini untuk menghilangkan nyamuk. Taruh beberapa tetes minyak sereh di semangkuk air panas dan letakkan di sudut ruangan. Saya pake yang cap dragon. 10rb/100ml. Ada juga yang merk caplang.
 Toiletries
  1. Shampoo. Pertama mothercare.Trus ganti zwitsal and cusson. Suka yang cusson. Baunya lebih khas. Busanya juga lebih lembut menurut saya. Mothercare mahal T_T. Setelah Naura setahun ternyata saya lebih suka Pigeon 2in1 yang hypoallergenic, baunya lembut tapi tahan lama. Praktis juga karena uda sama shampoonya.
  2. Sabun. Pertama mothercare.Trus ganti zwitsal yang sekaligus minyak telon. Cocok and suka. Tapi sekarang pake zwitsal yang mild. Oia enakan beli yang kemasan 500ml itu lho. Biar ada pencetannya. Ngebantu banget pas lagi mandiin. Tinggal pencet aja. Engga dituang gitu.
  3. Hair lotion. Pertama zwitsal trus ganti Cussons. Enakan cussons baunya and entah kebetulan or engga rambut Naura jadi lebih lebat. Saya pake yang tutup ungu. Sekarang engga pake lagi karena kalo siang dirumah engga AC trus Naura keringetan malah merah-merah di dahinya T_T.
  4. Minyak telon. Pertama zwitsal trus ganti konicare. Baunya enakan zwitsal tapi konicare kaya lebih anget. Oia bisa juga pake mybaby yang ada citronella (ekstrak minyak sereh) biar nyamuk engga deket-deket (nyamuk kurang suka bau sereh). Konicare anti nyamuk juga ada. Bau serehnya lebih tajam punya my baby. Jadi selera aja. Secara harga engga jauh beda. Setelah Naura setahun saya berganti ke minyak telon my baby. Harumnya sukaaaaa. Plus anti nyamuk juga.  
  5. Bedak cair. Pake mothercare. Ga mau yang powder. 80rb per 300ml. Sampe Naura 4 bulan ga abis-abis. Akhirnya jarang bedakan. hehe. 
  6. Baby cream. Pertama johnson trus ganti sebamed. Ini buat ruam lipatan leher dan bekas gigitan nyamuk. Performanya bagusan sebamed tapi baunya enakan johnson. Harganya juga jauh bingiits :D. Oia Naura rutin pake baby cream sebamed jadinya pipinya engga merah or bruntusan meski sering kena ASI.
  7. Kapas bulat2 buat kalo cebok. Tapi akhirnya suka kapas kotak biasa yang suka dipakai kita. Lebih nyerep and sekali usap bisa kena permukaan lebih lebar (maap bahasanya mbulet).
  8. Tissue basah. Buat kalo ganti popok malam-malam. Saya kadang pake mamy poko kadang cussons (depend on mana yang diskon hehe).
  9. Balsam bayi. Saya pake transpulmin bb. Dipakainya kalo pas udara dingin terus Naura grok-grok nafasnya. Diolesin tipis ke dada and punggungnya.
  10. Baby oil. Buat bersihin kuping.
  11. Cotton buds for baby.
  12. Sisir + gunting kuku bayi.
  13. Washlap 3pcs.
  14. Perlak lebar untuk alas mandi.
  15. Bak mandi. Jangan yang ada dudukannya. Repot.
  16. Ember kecil buat naruh air kalo cebok.
  17. Tempat baju kotor.
Breatsfeeding
  1. Breastpump. Dapet kado medela minel. Katanya sih cepetan yang manual. Belum pernah nyoba tapi puas kok sama medela minel ini. Baca review medela minel disini.
  2. Botol kaca ASIP. Suka yang tutup karet. At the end saya total habis 100 botol buat sefreezer penuh sebelum kerja. Baca review tentang manajemen ASIP disini.
  3. Cooler bag. Beli yang gabag. Modelnya lucu-lucu. 
  4. Sapu tangan handuk kecil2 3 pcs. Buat lap asi yang netes.
  5. Mama soya. Asi booster ini hehe. Rasanya enak. 25-28rb per pax 200gr.
  6. Tea booster. Sekitar120rb. Manjuuuur. ASI jadi banyak and kentel banget. Beli online di amirumahzaro.blogspot.com
  7. Nursing cover saya pake kain bedong atau syal. Belum ada yang kasih kado ini sih hehe.
  8. Kalo ada budget beli  kulkas khusus ASI bisa juga lho. Saya kemarin beli kulkas 2 pintu dan ternyata freezernya masih kurang.
Saya engga pake box bayi karena memang uda niat bubu bareng biar bondingnya lebih terasa. Ini preferensi aja ya, Mom. Stroller, bouncer, peralatan mpasi dan lainnya bisa menyusul. Siapa tau dapet kado. Ya kan? Bikin wish list saja supaya lebih enak. Kalo yang mau beli online, musti telaten bandingin harga ya biar hemat :)

12 comments:

  1. Mba boleh tanya..beli handuk microfiber dimana ya? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba.. Belinya diinet kemarin. Coba ke supermarket kaya giant carrefour juga ada :)

      Delete
    2. Dijahitnya apa model kayak popok ada talinya gitu mbak?

      Delete
  2. Iya sama aku mnt refensi popok microfibernya donk mbak. Klo pake pampers boros jg yaaa kasian jg babynya

    ReplyDelete
  3. Mb tnya dong pemakaian popok microfiber ke baby nya gmn ya? Apa lgsg kena kulit atau dilapisi kain lagi ya mb? Mksh mb..

    ReplyDelete
  4. http://huruftimbultangerang.blogspot.co.id/
    http://exhibitionpartition.blogspot.co.id/
    http://gntechnologiescontractor.blogspot.co.id/
    http://gntechnologiescontractor.blogspot.co.id/
    http://jasapenyewaanpartisi.blogspot.co.id/
    http://partisipameran.weebly.com/
    http://gntechnologies1.blogspot.co.id/
    http://kontraktorwaterparkgntechnologies.blogspot.co.id/
    http://kontraktorwaterpark1.blogspot.co.id/
    http://waterboomindonesia2.blogspot.co.id/
    http://waterparkgntechnologies.blogspot.co.id/
    http://sthephanus.wix.com/kontraktorwaterpark1

    ReplyDelete
  5. mantap...

    nitip jemuran mba...

    http://lapmicrofiber.blogspot.co.id/2016/08/handuk-microfiber-versus-handuk-katun.html

    ReplyDelete
  6. selamat ya mbaa azimaaa cuteee banget babynya, jadi inget pas awal awal ngelahirin natashya dia awalnya pake yang pam... newborn tapi sering banget ganti popoknya kalau malam hari karena udah penuh sekarang lagi nyoba pokana nih si nay awalnya liat diinstagram liat artis artis banyak yg pke pas dicoba juga aman banget si nay popoknya keren lucu lucu dan tetep kering juga

    ReplyDelete
  7. Waah..semoga bahagia dan sehat selalu. Jangan lupa kunjungi artikel kami dengan judul nama bayi laki-laki

    ReplyDelete
  8. Hi mba.. beli bedong pink gt dmn ya ?

    ReplyDelete
  9. makasih untuk info perlengkapan bayinya, lengkap dan bermanfaat!

    ReplyDelete
  10. Terima kasih info nya kak ��
    Sangat membantu sekali karena pengalaman pertama mau punya debay..

    ReplyDelete