Monday 16 December 2013

Barang yang dibawa ke RS saat persalinan

Good preparation = hati tenang. Sebenarnya yang nyiapin bawaan buat ke RS ya Ibu saya. Ibu sudah mulai persiapan barang yang dibawa ke RS kira-kira pas saya hamil 8 bulan. Hehe. Saya tinggal datang dari Jakarta dan terima beres :D

Pertama, tentuin mau berapa lama stay di RS (normalnya 3 hari 2 malam - depend sama kondisi ibu dan bayi). Kedua, siapa yang  bakalan nemanin di RS (suami? ibu? saudara? anak diajak jugakah?). Ketiga, rencana rooming in dengan babynya atau engga? Ini penting untuk menentukan apa saja bawaan kita ya.

Kemarin saya nginep 3 hari 2 malam, ditemani dengan suami dan rooming in dengan baby. Supaya lebih gampang, sediakan 2 tas. 1 untuk ayah ibu. 1 untuk baby.

Tas 1 - buat Ayah dan Ibu
  • Baju atasan bukaan depan 3pcs
  • Bawahan longgar. (rok ya, kalo celana malah ribet nanti).3pcs. Kalo mau simpel, bisa bawa gamis bukaan depan 3pcs. Cuma susahnya kalo gamis susah dibuka pas dokter mau periksa perut pasca delivery. Kemarin saya pake gamis tapi didalemnya dirangkepi jarik aka kain panjang. Haha malah ribet kan? Jadi  mending yang model atas bawah aja.
  • Jilbab warna netral. Saya bawa 2 aja. Cuman dipakai saat ada tamu. Model yang instan lebih praktis. Usahakan agak besar menutupi dada jadi kalo pas menyusui dan ada tamu, bisa jadi gantinya apron hehe.
  • Nursing bra - saya kemarin kepakai 5pcs. Soalnya pas awal-awal breastfeeding netes-netes. Jadinya ganti2 deh. Bisa diakalin pake breast pad.
  • Underwear aka CD. sebanyak mungkiiiiin. Secara kan kena nifas. Kemarin saya kepakai sekitar 7.
  • Korset or angking or gurita. Saya bawa 3. Yang kepake gurita ama korset. Engga suka angkin soalnya ribeeet. hehe.
  • Pembalut super long. Yang biasanya buat malam hari itu lho. Gunakan yang bersayap ya. Biar engga mengotori CD. Saya bawa selusin. Pake yang merk sof**x and ch**m juga bisa. Habis banyak juga. Sebungkus isi 12 kayanya abis buat 3 hari lho. Soalnya sering ganti. Kurang  nyaman rasanya kalo uda berasa lembab.
  • Peralatan mandi + handuk (sesuai kebiasaan masing-masing)
  • Kosmetik (standar kita aja. jadi engga pucet kitanya. ini pengaruh ke mood juga lho. Habis lairan kan keringatan. Trus pas uda boleh mandi keramas abis mandi trus pake bedak and lotion. Wiik.. segeer bangeeet.)
  • Sandal bersih buat di dalam kamar. Kemarin saya engga kepikir bawa sandal bersih, jadinya kaki dingin banget kena lantai. Kurang nyaman, tapi untung engga lama nginep di RSnya.
  • Baju suami. Kaos, celana, underwear dan baju tidur. Masing-masing saya bawa 3.
  • Peralatan sholat. Sajadah, sarung and mukena. Mukena ini bisa buat kalo ada tamu yang tetiba mau sholat biar engga ribet.
  • Cemilan. Wajib buat saya. Saya bawa beberapa kotak susu, yoghurt and makanan ringan. Engga bisa engga nyemil haha.
  • Suguhan buat tamu. Bisa berupa air mineral sama jajanan kemasan kaya mo*de gitu. Biar pantes kalo ada yang jenguk.
  • Tas plastik besar buat baju kotor.
  • Map berisi dokumen buat akta kelahiran: (fc KK, fc KTP ayah + ibu, fc buku nikah. masing-masing 2 lbr). Bawa pulpen juga. Jaga-jaga kalo harus tanda tangan atau apa gitu.  
  • Charger HP! Penting banget ini ya hehe. 
Tas 2 - buat Baby
  • Pampers bisa popok kain bisa. Buat newborn lebih bagus popok kain kalo menurut saya. Soalnya saya rooming in. Kalo pas debay perlu ganti popok engga harus calling suster karena uda bawa sendiri. Bawa 12 cukup buangeet. Karena kan kalo pagi and sore waktunya mandi dapet dari RSnya. Jadi ini buat cadangan aja. Naura kemarin termasuk agak sering pup jadi sering ganti juga. Untung bawa popok sendiri. Jadi lebih simpel.
  • Baju ganti, gurita or kaus dalam, bedong, kaus kaki and tangan plus kupluk buat pulang. Bawa 2 set aja cukup banget. (buat hariannya pakai baju yang dari rumah sakit).
  • Gendongan (tentative). Saya kurang kepake. Paling pake tangan aja kemarin gendongnya.
  • Tissue buat lap kalo habis nenenin. Bisa diganti handuk kecil or sapu tangan. Tapi bawanya lebih dari 1 ya.
  • Kapas buat ganti popok.
  • Minyak telon. Buat penghangat baby kalo habis BAB. Biar anget perutnya.

Nah itu  berdasarkan pengalaman saya. Semoga membantu ya  ^^

1 comment:

  1. Sharing yg bagus buat para newbie...trims mbak..barakallah buat keluarga aamiin

    ReplyDelete