Thursday 26 December 2013

Bolu (brownies) Kukus Ketan Hitam

Sebenarnya saya pribadi engga pernah tertarik sama cake berbahan ketan hitam. Sampe suatu ketika kakak saya bawain brownies ketan hitam bikinan sendiri. Woow.. ternyata enak. Pake banget. Entah saya yang saking bosennya ama cake berbahan terigu ya. Entahlah. Then, saya nanyain resepnya. Resep dari kakak saya modif sesuai selera hehe.

Di toko kelontong dekat rumah ternyata jual tepung ketan hitamnya. Kemasannya 350gr-an. Harganya Rp 9,500,-. Woow murah meriah. Dari resep asli saya ilangin komposisi dark cooking chocolate-nya (biar engga terlalu berlemak), diilangin mentega cairnya (diganti minyak dan santan biar lebih legit) dan pengurangan gula. Aah panjang amat. Uda diintip aja yuk resepnya..


Bahan:
  • Gula pasir 200gr (resep asli 250gr)
  • Telur 6 btr
  • Sp 30gr/ 1 bungkus (resep asli 1sdm)
  • Minyak goreng 125ml (resep asli pakai 200gr mentega cair)
  • Santan kental 130ml (saya pakai yang instan kemasan 2bgks)
  • Tepung ketan hitam 350gr/1 bungkus (resep asli 250gr)
  • Baking powder 1/2sdt
  • Garam 1/2 sdt
  • Susu kental manis 50ml
Cara membuat:
  • Panaskan kukusan
  • Mixer gula telur dan sp sampai putih dan mengembang
  • Masukkan minyak dan santan. aduk dengan spatula
  • Masukkan tepung ketan hitam, baking powder dan garam. aduk.
  • Bagi adonan menjadi 2. Salah satu adonan diberi susu kental manis (di resep asli engga ada. saya modif karena pengen seperti brownies amanda ada bagian yang lebih legit)
  • Tuang adonan tanpa susu kental manis ke cetakan. Kukus 20 menit. Tambahkan diatasnya adonan dengan susu kental manis. Kukus lagi 20 menit.
  • Angkat. Tunggu dingin baru tuang.
Note: karena ini tanpa dark cooking chocolate (dcc) saya menyebutnya bolu. bukan brownies. nah kalo mau dibikin brownies tinggal ditambahkan 100gr dcc cair ke minyak. easy ^^

No comments:

Post a Comment