Sunday 29 December 2013

Bayi Bau Tangan?

Gendong atau tidak adalah preferensi. Biasanya akan ada pertentangan antara kita dengan eyangnya. Kita takut baby "bau tangan" sedangkan eyang biasanya sudah lihai menggendong yang memang terbukti bisa menenangkan bayi. Terutama bagi ibu baru yang melahirkan di rumah orang tua (seperti saya), bantuan dari orang tualah sangatlah membantu. Konsekuensinya, ada beberapa rules yang kurang sesuai dengan prinsip kita. Seperti dalam kasus saya, saya sebenarnya kurang begitu prefer untuk sering menggendong baby dengan alasan nanti "bau tangan". Sedangkan Ibu saya hobiiiii banget gendong Naura. Nangis ngeek, gendong, gelisah, gendong :D. Mungkin juga saking senengnya sama cucunya ya.

Baca beberapa referensi, gendong memang menenangkan bayi, dengan catatan kita menggendong dengan benar sehingga baby merasa lebih hangat, nyaman dan bisa tidur pulas. Poor me, saya engga bisa gendong pake jarit (kain). Beda dengan Ibu saya. Cara gendong pake kain-nya bener-bener enak dan Naura bisa langsung diem kalo lagi nangis plus bisa bubuk nyenyak. Ah.. ngiri liatnya. Saya engga bisa T_T. Saya sih uda beli gendongan sling dari bahan katun. Jarang kepake. Karena seringnya saya gendong pake tangan saja. Naura belum bisa angkat kepala jadi saya belum bisa pake gendongan model depan yang teronggok di lemari nunggu dipake hehe.

Naura sekarang sudah 3,5 bulan. Saya sudah balik kerja dan cuma dibantu asisten saja. Ibu saya sudah balik. Trus, apa Naura akhirnya bau tangan? Alhamdulillah engga! Akhirnya sih saya simpulkan bahwa "bau tangan" itu engga ada. Cuma masalah kebiasaan aja. Saya bisa kok menenangkan Naura dengan cara dinenenin sampe kenyang. Lalu saya tepuk2 punggungnya dan menempelkan pipinya di dada saya. Efektif. Naura biasanya jadi kalem dan mereda nangisnya. Selama dia kenyang, suhu engga panas, dia tidak kembung dan posisi tidurnya enak.Kita bisa mengurangi kegiatan gendong-menggendong itu.

Selain itu, siapa sih yang engga suka gendong bayi? Melihatnya lelap ditangan kita. What a lovely moment :'). Dengan gendong, bonding antara dengan baby akan semakin erat. Semua ada masanya. Nanti ketika dia sudah agak besar dia akan prefer main sendiri di kasur kesayangannya. Its ok mommies. Bayi akan tau sendiri kok apa yang dia mau.

No comments:

Post a Comment