Thursday 29 August 2013

PR: memilih rsia and obgyn buat persalinan

Nah ini nih... Saya merasa aneh dan kurang well prepare di menit terakhir menjelang lahiran ini. Padahal kalo lagi mbisikin debay saya ngakunya udah siap menyambut dia lahir kapanpun dia mau. Hiks. Jadi malu... Maafin ibu ya nak... :(

Ini mungkin bagian dari rencana saya untuk melahirkan di malang dan baru ke malang menjelang delivery day. Selama bulan pertama sampai delapan saya fokus cari obgyn yang cocok buat monthly check up. Saya pake dr. Tyas di RS Bunda Margonda Depok ama dr. Hari di Kemang Medical Care (KMC). Kenapa ada 2 obgyn? Soalnya KMC deket ama kantor, jadi kalo saya perlu cepet ke obgyn bisa diwaktu istirahat. dr. Hari ini saya cocok bangeet. Masih lumayan muda, komunikatif, telaten dengerin curhatan saya yang kadang ga penting (haha), dan contactable (mau angkat telpon kalo qta ada yang pengen ditanyain di luar visit). 

Sebelum ke Malang sebenarnya saya udah survey and nanya-nanya juga ke temen-temen, obgyn siapa yang recommended. Saya prefer cewe and pro normal ama asi. Pilihan jatuh ke dr. Prita di Hermina. Beberapa temen puas ama dia and katanya pro herbal gitu. Oke, noted lah ya. Begitu sampai di malang saya ke hermina. Dokternya cantik, ramah, kalem, islami, komunikatif and bisa ndengerin curhatan saya yang panjang kali lebar hehe.  Periksa kedua saya ada keluhan dan disarankan buat rehidrasi and  usg color doppler. Nah pas usg color doppler tetiba dokter di lab yang mau usg color doppler pulang. Huduuh, mana bisa coba. Padahal kan uda janjian :(. Agak jengkel and kecewa sih. Akhirnya daripada kecewa saya kepikiran cari 2nd opinion mengenai urgensi debay untuk di usg color doppler. 

Trusan saya pergi ke melati husada (sekalian penasaran pengen liat ini rsnya kaya apa, banyak yang bilang kaya boutique hotel gitu... Malah ada yang bilang cocok buat hanimunan, aiiiihhhh... :D). Sampe di melati dokter yang available baru dr. Putra. Cowok sih, ya wis gpp toh pikir saya ini lagi cari 2nd opinion. Which is yang diumek ya cuma perutnya aja (engga ke daerah "rahasia"). Ini dokternya agak nelat dan hampir mati gaya nungguin. Ibu saya udah gelisah dan jam stgh6 gitu dateng deh. Pas masuk dan memulai sesi "curhat" sambil mbawa itu hasil periksa sebelumnya, saya simpulkan ini dokter sama ramai dan komunikatifnya ama dr. Hari di KMC. Njelasin banyak banget dan kayanya lebih panjang kali lebar dari curhatan saya. Hehe. Ibu saya sampe terkesima ngedengerin penjelasannya itu. Menurut dr. Putra pas ngelakuin usg 2D, tidak ditemukan kondisi mendesak yang mengharuskan usg color doppler karena plasenta masih bagus (warna di layar homogen dan tidak ada bercak putih), ketuban jernih (warna hitam pekat) dan posisi kepala bayi udah di depan "pintu keluarnya". Saya diminta bersabar kalo mau normal. Sambil banyakin jalan. Dokter ini terlihat pro normal tapi kalo masalah asi, emmm ya kurang gitu yakin. Soalnya pas saya nanya, "baby bisa tahan 2 hari ndak minum asi kan?", dia jawab ya tergantung sikon jadi bisa dikasih sufor dulu. Who knows.

Trusan kan saya nanya, buat cara memancing kontraksi. Jawabannya "berhubungan dengan suami". Gleeek. Suami saya ada dimana dan saya dimana. Masih ada cara lain untungnya, banyakin jalan kaki dan berDOA! Yak sepakat. Btw, saking banyaknya jalan dan cuaca disini yang duingiiiin ini tumit pecah menghitam dan engga ada bentuknya lagi haha. Baiklaah, tak apa ya nak.. I'm ok!

Daan... Kesimpulannya saya jadi bingung, ama dr. Prita ama dr. Putra? Gimanaaa... Belum diputusin sih. Kemarin ama suami diskusinya belum ketauan akan kemana. Ah yang penting Bismillah dulu ya :)

Note:
at the end saya lebih prefer dr. Putra dan Alhamdulillah lahir normal selamat di usia kehamilan 10bulan 1 hari. Alhamdulillah. Entahlah kenapa saya merasa lebih nyaman dan merasa dr. Putra lebih pro normal. Dan bisa meyakinkan saya bahwa baby di dalam masih dalam kondisi sehat. Plasenta homogen dan ketuban cukup. Jadi saya disupport untuk menunggu hingga si baby ingin menentukan kapan dia lahir. Dan memang.. Naura memilih waktunya sendiri. 13 September 2013.

2 comments:

  1. hai say, q lagi hamil 28 minggu sekarang. q bisa tya2 dong kalo di dokter prita gimana? dia pro normal ga si? kalo dr. maria ulfa juga gmna. pernah dengar ga??
    kasi info ya say. thx a lot :)

    ReplyDelete
  2. hai say, q lagi hamil 28 minggu sekarang. q bisa tya2 dong kalo di dokter prita gimana? dia pro normal ga si? kalo dr. maria ulfa juga gmna. pernah dengar ga??
    kasi info ya say. thx a lot :)

    ReplyDelete