Monday 2 September 2013

"Merayu" Debay

Besok tanggal 3 September. Brati 10 hari lagi menjelang due 40 minggunya (berdasarkan prediksi dokter, due harusnya jatuh di 13 September). Pada awalnya saya merasa debay akan lahir spontan dikisaran 37w3d (9m10d), tapi ini udah meleset 10hari lebih. Debay rupanya masih anteng di dalam. Masih seneng di perut ibu ya?

Saya ini tipenya, kalo ada sesuatu yang meleset dari perkiraan akhirnya suka mencari-cari dimanakah letak miss ato kesalahan yang ada. Pertama, saya kira debay belum mau lahir karena khataman ketiga saya masih kurang 12 juz lagi dan udah saya kebut. Alhamdulillah done. Dan ini ternyata belum mempan. Oya, saya bukan menganut paham tertentu yang kalo hamil harus khatam berapa kali. Tapi hal ini sebenarnya dilandasi bahwa gelombang yang dihasilkan oleh bacaan Quran diyakini bisa menenangkan bayi di dalam janin. Dan kenapa musti tiga? itu target pribadi saja. Seperti saya yang suka baca Yasin dan Waqiah. Bukan wajib, tapi preferensi pribadi aja. Setiap orang pasti punya caranya masing-masing.

Kedua, mungkin Ayahnya kudu pulang. Soalnya banyak yang bilang kalo baby bisa merasakan keberadaan Ayahnya dan jadi pengen lahir gitu. Ato mungkin karena proses "induksi alami" juga hehe. Oya, keputusan untuk melahirkan di Malang and terpisah jauh sama suami ini memang dilematis ya. Saya merasa lebih siap dan tenang menghadapi persalinan karena dekat sama Ibu and sodara yang bakalan banyak bantu saya. Plus nuansa rumah  ini bener-bener semacam terapi tersendiri. Secara ya saya udah setaun engga pulang :(. Tapiii... Mengingat suami saya sendirian jauh disana juga menyesakkan. Apalagi kalo ingat suami saya harus nyiapin apa-apanya sendiri. Hiks.. Bingung. Dilematis. Plus kemarin gara-gara kejadian infusan bilang kalo agak regret dengan keputusannya saya lairan di malang aja. Jleeeeebbbb. Tambah kudu nangis. Inget and ngeliat persiapan Bapak and Ibu di malang yang uda engga karuan ini. Mulai beli mobil sampe beli pernak pernik baby lengkap. Bolak balik ke toko bayi buat nyari perlengkapan baby. Saya mah kalah jauuuh persiapannya. Kali ini aja ya suamiku... Engga tega sama semua persiapan yang udah di prepare ama ortu. Nanti kalo anak kedua aq janji bakalan lebih mandiri and tough.

Ketiga, ooh mungkin debay pengen Ayah nyelesaiin keperluan beasiswa dulu biar nanti kalo uda lairan Ayah udah tenang and bisa bisa full mikiran debay. Semoga gitu ya Nak... Bisa jadi. Karena bayi pun sebenarnya uda punya insting sendiri kapan saat yang terbaik buat lair dimana ortunya udah engga punya tanggungan jadi nanti kalo dia lair dia engga merasa jadi "pengganggu". Ayo Ayaaah... Semoga bisa submit kelengkapan beasiswanya sesuai due date ya. Dilancarkan and diberkahkan urusannya. Aamiin :) ehiya, tentang beasiswa ini Ayah sempat mau give up di tengah jalan karena takut merasa malah gak fokus. Mau ada lairan kok sibuk sama beasiswa juga, plus pertimbangan kondisi financial. Masalah fokus, saya engga merasa ini bikin Ayah engga fokus lho. Justru saat ini adalah saat yang tepat buat memacu semangat buat ngejar beasiswa. Apalagi sebagian persyaratan udah hampir selesai, kaya nanggung mau mentas. Udah kadung nyemplung ya wis basah sekalian. Trusan masalah financial, emm emm emang sih proses melengkapi dokumen aplikasi ada beberapa yang ambil dari budget untuk lairan, tapi udah ada solusinya sekarang. Ambil rs yang lebih efisien dan inshaa Allah rs ini dokternya pro normal and bagus pula. Jadi menurut saya itu bukan big deal lagi. Rezeki sudah diatur sama Allah SWT dan disaat seperti ini, yang bisa kita lakukan ya doa, doa and doa :)

Saat ini, saya difase mulai sedikit sensi kalo ada yang nanyain "lho kok belum lairan? Udah minggu berapa ini?". Jleeebbb... Nyuwun sewu nggih sedoyo, saya ini juga ndak kurang penasarannya sama njenengan. Kepengen segera nggendong and juga bercengkerama sama anak saya sendiri. Kalo tentang kadar pengen cepet, pastilah kadar saya sebagai ibunya berada di level paling tinggi :). Saya sempat gemeess sama debay, kenapa tho kok belum mau mbrojol? Tapi ya finally saya harus bisa meyakini kalo debay punya caranya sendiri untuk mempersiapkan diri di dalam sana sambil qta semua yang diluar menantinya bersiap pula. Saya mungkin sebelum cuti kerja jarang meluangkan waktu untuk "komunikasi" sama debay jadi dia masih nagih pengen dimanja-manja di dalam sana. Ato juga saya kemarin masih kurang khusyu qiyamul lail and tadarusnya, jadi sekarang debay pengen saya memperkhusyu itu. Apalagi pas di malang ini berasa malu kalo ngeliat ibu yang rutin bangun sholat malam and dzikir sampe subuh, lha kok saya yang didoain malah enak-enakan tidur. Ah.. Calonnya anak yang sholehah ya Nak..

Maybe somesay pemikiran saya ini nyeleneh and engga make sense. Tapi saya yakiiiin bener kalo kelahiran bayi itu banyak melibatkan sisi spiritual yang engga bisa kita logika. Dan, PR saya kali ini adalah saya memang harus belajar menggali yang namanya ilmu ikhlas dan sabar. Barangkali debay pengen ibunya lebih sabaran (hehe) dan kalem. Semoga nanti qta berdua pas lahiran bisa bekerjasama dengan baik ya Nak dan pas itu Ayah ada didekat kita. Aamiin :)

No comments:

Post a Comment