Tuesday 20 August 2013

36w3d = naek pesawat ke Malang

Rencana awalnya, saya pulang ke malang pas usia kehamilan 37w3d. Ya tapi as i explained before, suami kuatir maka pulangnya dipercepat. Trusan gimana saya bisa lolos naek pesawat di usia kehamilan setua ini?

Thanks to dr. Hari di Kemang Medical Care yang udah mau pro ama keputusan saya buat terbang daripada 15jam naek kereta Jakarta - Malang. Padahal obgyn lain di KMC juga sama sekali engga suggest saya terbang di atas 32w. Tapi kan ya, naek kereta 15jam pasti lumayan painful buat si ibu. dr. Hari merasa engga ada yang perlu dikuatirkan ama kondisi kehamilan saya yang dinilai sehat dan fine. Then, i've got the recommendation letternya. Yeeey... Meski usia kehamilam di surat itu dimudakan beberapa minggu, hehe. Makasih lagi ya.. Qta kan engga lagi bermaksud tidak baik. 

Hari H. Terus terang agak deg-degan loh.. Bisa ndak ya, bisa ndak ya... 

Waktu itu kita sampe bandara suhat jam 6.45 padahal baru terbang jam 8.50. Super gasiiiiik hehe. Sasaran utama ya jelas isi perut yang laper minta diisi. Apalagi saya, nasi goreng yang tadi dimakan di rumah engga tau deh lewat kemana :D. Saya dan suami anteng nunggu sambil makan and nyamil sampe tiba-tiba uda panggilan boarding buat penerbangan menuju malang. Sama petugasnya harus lapor dulu soalnya bumil. Mbaknya sempat nanya saya udah ke central medika garuda belum? Saya bilang belum tapi uda ada surat dokter. Pas dia baca surat dokternya, "lho kok 33 minggu mba?". Harusnya uda engga boleh. Deeeeg.... Tapi untung akhirnya ama mbaknya dibolehin setelah nulis surat pernyataan. Alhamdulillah, security check passed. Saya sengaja pake kaos item and cardigan biar engga terlalu mencolok and jadi perhatian petugas bandara.. Hehe. 

Masuk pesawat dan take off position. Saya ama suami saling memandang sesaat, bismillah... Pas pesawat udah mulai nanjak kan bunyi mesinnya uda mulai keras, nguuunggg hhrrr.. Huduh saya deg-degan and baca doa dalam hati sampe merem-merem gitu.. Alhamdulillah selama take off engga ada gejolak yang berarti. Oya, dr. Hari kasih saya suplemen penguat juga. Untuk mencegah kontraksi selama perjalanan. Dan supaya lebih aman, saya disaranin pake korset hamil dan saran ini engga saya turuti soalnya i have no time buat searching korset hamil hehe.

Selama perjalanan, was fine.. Suami sibuk baca buku dan saya sibuk killing time sambil makan permen, makan snack, minum susu dan baca2 buku petunjuk keamanan saking hopelessnya engga tau mau ngapain. Pengennnya cepet sampe dan landing selamat..

Setelah sejam setengahan yang saya rasa seperti 24 jam itu, pesawat uda mulai landing position. Landing di bandara abdur rahman saleh malang itu terkenal kurang smooth dan guncangannya agak kerasa. Emang iya siiih... Jediuuuk! Gitu deh kira-kira bunyinya pas roda kena landasan. Badan agak saya angkat dari kursi, kaki jinjit dikit and tangan megang bangku depan.. Pose ini saya maksudkan buat ngurangin goncangan. Alhamdulillah, engga kenapa-kenapa...

Habis turun pesawat rasanya pengen cepet-cepet ke kamar mandi and meriksa ada sesuatu ndak di "underwear". Alhamdulillaaaah... Engga ada apa-apa, engga ada kontraksi, dan keluhan lainnya. Makasih ya anakku sayang, uda pintweeer banget kerjasama ama Ayah Ibu selama perjalanan tadi. Habis ini, Ibu mo banyakin jalan pagi biar ntar waktu lairan kita berdua bisa sama-sama enak yaa.. Mmuuaach :*. Be nice inside and see u soon, my kid ^^

Begitulah critanya.. Tidak untuk dicontoh, tapi bisa dipertimbangkan ^^

No comments:

Post a Comment