Wednesday 28 August 2013

38w 1d = rehidrasi pake 2 infus T_T

Its time to check up... Ah tiba juga saatnya ketemu obgyn buat check up debay. Saya ngerasa dari kemaren gerakan baby agak melemah. Engga gitu signifikan sih... Cuman kangen aja sama gerakannya yang kadang bikin perut saya mencong-mencong and kaya bergelombang gitu. Aaah... Debay mah sukanya bikin saya gemes. Pengen tak ciooom :*

Pas periksa, saya bilang kan ya kalo gerakan debay menurun kekuatannya. Trusan sama obgyn disuruh rehidrasi. Semacam proses memasukkan tambah cairan (infus) ke dalam tubuh ibu yang tujuannya untuk membuka saluran yang terhambat. Ibaratnya ni ya, umpama tali pusat baby adalah selang. Selang kan kalo keseringan dipake sering kaya kelipet dan bikin air kurang lancar ngalirnya. Maka perlu dimasukin cairan yang lebih banyak supaya lipetannya kebuka dan aliran air lancar lagi. Sebelum rehidrasi saya lakuin CTG (rekam jantung baby) dulu. 

CTG kira-kira sejam gitu deh. Jadi diperut dikasih 2 detektor buat deteksi jantung baby ama kontraksi dan saya kudu pencet bel kalo baby kerasa gerak (some say pencetan bel ini cara jadul, tapi ya who knows ya). Lumayan keki dan bengong pas CTG soalnya musti anteng tiduran. Dan posisi ini aslinya kurang nyaman buat saya, si debay di dalam kaya nekan perut gitu... And finally done. Abis gitu hasil  CTG dibawa suster ke obgyn trusan rehidrasi. Rehidrasi ini ternyata makan waktu 4 sd 5 jam. Gleeeekkk! Lamanyaaa. Saya sampe engga tega ngeliat ortu nungguin. Alamat pulang abis magrib ini. Untung tempat infusnya lumayan pw buat yang nungguin and dikasih teh. Selesai rehidrasi jam 7an (mulainya jam 2 siang, hiks). Dan alhamdulillah abis di infus hasil CTG udah better. Boleh pulang and di suggest buat USG color doppler untuk melihat kemungkinan ada lilitan tali pusat. Itu besok sore di lab sebelah rumah sakit.

Kondisi ini bikin suami saya yang di jakarta sana kena serangan panik. Iya sih, pasti kalo diposisinya juga kurleb akan bereaksi sama. Saya udah dinasehatin panjaaaang banget. Intinya jangan terlalu memaksakan untuk normal kalo memang ama obgyn disuggest untuk caesar. Trusan juga suami sempat smsan ama dokternya juga. Alhamdulillah dokternya baik mau jawab dan bikin suami saya lebih kalem. Suami saya sebelumnya sampe keprucut engga mau lagi pisahan pas menjelang kelahiran kaya gini, hehe. Kalem donk Ai.. :*

Proses hari ini pelajaran buat saya. Bahwa sebenarnya, apapun yang qta lakukan adalah untuk mempermudah jalan lahir si baby, bukan mempercepat ato memperlambat. Karena si baby punya waktu dan caranya sendiri untuk menentukan dia mau lahir. Ya Nak ya.. Inshaa Allah qta semua uda ready menyambut kelahiranmu. Be nice inside, and kalo Ibu pengen buruan ketemu kamu mau ndak yaaa? Hehe. Kiissss :*

No comments:

Post a Comment