Sunday 9 February 2014

Simple Strawberry Ice Cream

Nah nah naah... Akhirnya saya bikin juga menu dessert. Beberapa waktu sempat ngetrend yang namanya simple ice cream. Yang dibuat dari buah beku trus di jus. Pernah mencoba metode ini tapi ternyata performa blender saya kurang kece kalo dipake untuk buah beku (yes, berasap T_T).
Saya mencoba metode lain, blender strawberry segar yang sudah dipotong-potong, campur susu kental manis (tanpa air ya), tambahkan tetesan lemon agar lebih segar. Masukkan ke tempat penyimpan. Simpan di freezer semalaman. Besoknya sajikan dengan pisang. Its perfect! Dimakan dengan roti tawar juga enak. Seperti es dung dung. Resep ini tanpa gula dan air. Karena gula dan air akan menambah kristal es dan ice cream-nya jadi kurang lembut. Rasa manis diperoleh dari susu.
Bahan:
  • Strawberry segar 250gr. Cuci bersih dan potong2.
  • Susu kental manis 50ml (ditambah juga boleh, akan semakin milky)
  • 1/2 sdt air jeruk lemon (bisa di skip)
 Cara membuat:
  1. Blender semua bahan jadi satu hingga halus. (Tanpa ditambahi air)
  2. Masukkan wadah tertutup. Simpan di freezer semalaman.
  3. Sajikan keesokannya. Bisa disajikan dengan pisang potong atau roti tawar. Saya menggunakan sendok cocktail saat mengeruk ice-nya. Hasilnya lebih bagus.
Note: Karena tidak menggunakan bubuk ice cream maka teksturnya tidak akan selembut ice cream  biasa. Saat akan disajikan, turunkan ice cream dari freezer dan pindah ke kulkas bawah (chiller) minimal 15 menit. Ini akan menjadikan strukturnya lebih lembut. Prinsipnya, tanpa gula dan perbanyak susu akan memperlembut struktur ice-nya.

No comments:

Post a Comment