Sunday 9 February 2014

Banana Muffin

Saya suka blog walking ke food blog luar. Biasanya resep yang disajikan cenderung simpel. Penakarannya menggunakan cup (dalam kamus saya, cup itu setara dengan gelas belimbing. Ini diajarkan oleh ibu saya). Terus juga tanpa mixer. Seringkali saya urung bikin kue karena males nurunin mixer and timbangan yang saya simpen nun jauuuh di dalam lemari haha.
Ceritanya ada ibu mertua yang kepengen kue pisang. Pas ada pisang ambon. Pas Naura lagi bubu pules. Sebenarnya ini modifikasi dari resep muffin labu. Hanya saja ini non mixer (sekali lagi, saya males banget mau mengeluarkan mixer). Cukup aduk dengan spatula. Awalnya sih deg degan kalo adonannya bakal bantat. Apalagi telurnya juga baru keluar dari kulkas (bukan suhu ruang). Tapi siapa sangka waktu dipanggang, di menit ke 10 adonannya mengembang cantik banget. Aah, seneng banget!
 Bahan:
  • Pisang ambon 3buah (semakin tua semakin bagus semakin manis)
  • Minyak goreng 1/2 cup
  • Tepung terigu serbaguna 1 3/4 cup
  • Gula pasir 1/2 cup (boleh juga dengan gula aren)
  • Baking powder 1 sdt
  • Baking soda 1/2 sdt
  • Garam 1/2 sdt
  • Bubuk kayu manis 1/2 sdt
  • Telur 2butir
Cara membuat:
  1. Potong pisang kecil2. Blender dengan minyak. Sisihkan.
  2. Campur semua bahan kering kedalam baskom (tepung, baking powder, baking soda, garam dan bubuk kayu manis). Aduk rata.
  3. Masukkan pisang halus. Aduk rata. Masukan telur. Aduk rata.
  4. Panaskan oven dengan api besar 5menit.
  5. Cetak adonan dengan cetakan muffin. Kecilkan kompor dengan api sedang. Masukkan muffin. 15 menit kemudian lihat apakah sudah mengembang.
  6. Tes dengan tusuk gigi. Tusuk ke tengah adonan dan tarik. Jika pinggirannya kering maka sudah matang.
  7. Toppingnya saya menggunakan cream cheese dan strawberry. Mertua saya suka. Yeeey! (Biar jadi menantu kesayangan :D)
Note: Muffin ini tahan 3 hari di luar kulkas. Jika memang akan disajikan keesokan harinya, sebaiknya pemberian toppingnya ditunda agar pada saat disajikan toppingnya masih fresh.

No comments:

Post a Comment