Sunday 16 February 2014

Donat Kentang Salju

Kemarin tetiba ada Revita teman saya yang nanyain resep donat kentang. Oia lupa kalo resep ini masih nangkring di draft gegara belum ketemu foto donatnya. Ternyata ada di instagram saya. Langsung cuuss...

Suami suka sama donat kentang ini. Teksturnya lembut. Manisnya pas. Saat adonan belum dicetak modelnya seperti kelemesan. Its oke. Supaya engga lengket, taburi  tangan dengan tepung pada saat mencetak. Lebih baik mencetak dengan tangan daripada dengan cetakan. Hasilnya lebih bagus. 
Resep originalnya saya ambil dari sajian sedap. Ditengah proses ujicoba saya sedikit modifikasi di komposisi terigu dan bahan lainnya biar lebih gampang :D. Saya suka topping klasik dengan gula halus, suami suka dengan mentega plus taburan misis.

Bahan:
  • Tepung terigu tinggi protein (kemarin saya pake segitiga biru) 500gr
  • Gula 2sdm (35 gr)
  • Baking powder ½ sdt
  • Fernipan ½ bungkus atau 8 gr
  • Susu bubuk 35 gr
  • Kentang 150gr kukus (setara dengan 2 butir ukuran segenggam tangan)
  • Telur 1
  • Mentega 2sdm (30gr)
  • Garam ½ sdt
  • Air es 120ml (setengah gelas belimbing)
  • Gula halus 200gr
Cara membuat:

  1. Hancurkan kentang kukus. Dinginkan.
  2. Campur rata tepung, gula, baking powder, fernipan, susu.
  3. Masukkan kentang halus ke campuran tepung
  4. Masukkan air sedikit2, campurkan telur dan mentega. Tambahkan garam dan aduk hingga kalis.
  5. Diamkan 20 menit.
  6. Bentuk bundar dan lubangi tengahnya. Diamkan 15 menit.
  7. Goreng hingga kuning. Gunakan minyak setengah panas. Gunakan sumpit dan putar2 sumpit dibagian tengah donat agar matangnya merata. Cukup goreng hingga warnanya keemasan.
  8. Dinginkan.
  9. Untuk topping salju: masukkan ke kantung plastik dan kocok dengan gula halus hingga rata.
  10. Untuk topping misis: pastikan donat sudah dingin. lapisi mentega dan taburi misis.
  11. Sajikan.

No comments:

Post a Comment