Sunday 26 May 2013

Spaghetti Ayam


Perkenalan saya dengan spaghetti waktu saya masih SD. Waktu itu ada teman Ayah saya yang sudah lama tinggal di Australia, trus mampir ke rumah buat makan bareng sama keluarga saya. Beliau masakin kita spaghetti. Di Malang kala itu saya engga familiar dengan makanan ini. Menurut saya sih, mie pangsit ama spaghetti cuma beda sentuhan aja. Satu sentuhan Indonesia satunya ala Londo, hehe.  Resep dari beliau inilah yang saya pake sampe sekarang. Bedanya, saya engga masalah kalo ga pake taburan keju asal pedesnya masih kerasa J

 

Bahan Spaghetti:
Mie spaghetti instan (1 bgks), merk bebas tapi saya suka La Fonte
Minyak 1/3 sdm
Daging ayam fillet, 200gr (cacah kecil2)
Bawang Bombay 1 siung ukuran sedang
Merica, 1sdt (boleh yang langsung bubuk, tapi saya prefer yang masih utuh soalnya lebih kerasa)
Mentega 1 sdm
Air 500 ml
Garam

Bahan Saus: (bisa diganti dengan yang instan)
Tomat, 3 buah
Cabe rawit, 3 buah (sesuaikan selera)
Cabe merah, 1 buah
Bawang putih 3 bh, keprek
Mentega ½ sdm
Tepung maizena  1 sdt campur dengan 2 sdt air
Garam
Gula
Air 200 ml

Cara Membuat Spaghetti:
1. Didihkan air 500 ml, masukkan spaghetti, masukkan minyak
2. Saring dan  siram dengan air dingin (agar spaghetti tidak menggumpal). Sisihkan.
3. Panaskan mentega, masukkan irisan bawang bombay dan merica.
4. Tunggu harum. Masukkan ayam.
5. Masukkan 150 ml saus tomat dan beri air 50 ml. Tambahkan garam.
6.  Tunggu hingga meletup

Cara Membuat Saus:

1. 3 buah tomat didihkan bersama dengan cabe hingga kulit tomat mengelupas
2. Tumis awang putih keprek dengan mentega
3. Blender tomat lalu didikan kembali dengan tumisan bumbu + garam + gula.
4.  Tambahkan larutan tepung maizena .

Penyajian:
Siram saus di atas spaghetti.  Taburi keju jika suka.
 
Jadii J 

No comments:

Post a Comment