Wednesday 24 September 2014

Weekend Escape: Kampung Gajah Bandung

Saya dan Ayah masih in the mood for holiday. Apa daya cuti terbatas maka kita berusaha memaksimalkan weekend. Naura pun sudah setahun. Sudah lebih fleksibel untuk diajak main. Pilihannya antara Bogor, Bandung atau Anyer. Saya kurang suka pantai karena panasnya ga kuaat. Prefer yang adem-adem aja lah ya... Pilihan mengecil Bogor atau Bandung. Kata Ayah, Bogor kedekatan, setengah jam juga nyampe via tol. haha iya juga siih.. Oke pilihan semakin mengerucut ke Bandung. Deal. Then, kemana kita?

Bandung sebenarnya  menawarkan banyak opsi. Weekend sebelumnya kita habis ke Bandung juga ke rumah sodara di kawasan Cicaheum. Udah lamaaa banget engga jalan ke pusat kota Bandung, bulak balik kesini cuma sowan ke sodara aja. Jadinya kurang update deh ada apa aja di pusat Bandung.. Thanks to  google ya. Semua info ada. Suami suggest ke arah Lembang. Ada banyak opsi disana, Kampung Gajah, Rumah Strawberry, Floating Market and so on. Rencananya kita akan go show dan mau nginep di daerah Lembang juga. Oke.. Bungkus.


Sabtu pagi habis Subuh saya uda mulai packing donk ya... Dengan skenario nginap 1 malam dengan baby usia 1tahun ini bawaannya kaya gini:
  • Baju lengan panjang 4 (model jumper biar rapi)
  • Baju lengan pendek 3 (model jumper biar rapi)
  • Cardigan 1
  • Baju tidur 1
  • Celana panjang 8 (kan Bandung dingin)
  • Kaos dalam 7
  • Baju Renang
  • Ban Renang
  • Pospak 12 (biasanya sehari 4, dilebihkan  biar aman, repot aja ya kalo harus beli pospak di tengah jalan)
  • Selimut bobo 1
  • Slabber 2
  • Gendongan kangoroo 1
  • Kaos kaki 4
  • Sepatu 1
  • Topi 1
  • Peralatan mandi (sabun n shampoo 2in1 biar ringkes, telon, sisir, bedak, tissue basah, tissue kering, gunting kuku, handuk)
  • Peralatan makan (2 mangkuk kecil, 4 sendok, 2 gelas minum,  snack kering,  buah potong buat cemilan di jalan). Sebisa mungkin sediakan satu porsi sekali makan buat jaga-jaga in case dia lapar kita uda ready. Who knows kondisi traffic di jalan ya. Saya kemarin sedia nasi tim, omelet telur keju dan brokoli kukus. It helps loh! Pas lagi di tengah jalan Naura lapar dan terselamatkan dengan bekal ini, Engga sampe habis bis siih.. Tapi lumayan buat ngeganjal. Daripada beli di tempat engga jelas kan ya.. MSGnya itu loh.. T_T
Kalo  bawaan Ayah & Ibunya ga usah di share lah  ya.. Udah pada gede  ini  :D Usahakan semua bawaan untuk Ayah & Ibu plus si kecil masuk ke dalam satu koper biar ringkes dan praktis. Sediakan satu back pack kecil yang isinya dompet, charger, makanan baby, air minum, beberapa pospak dan 1 set baju ganti untuk si kecil plus tas kresek. Ini akan kita bawa saat di tempat rekreasi nanti. Jadi bisa bagi tugas, satu take care si kecil dan satu pake back pack kecil ini. Beda ceritanya kalo pas rekreasi  bawa Mbak/Nanny, hehe. 

Oia pastikan punya cash yang cukup. Bensin pastikan full tank juga. Iya sih ada banyak ATM and SPBU. Tapi 2 hal kritis banget saat diperlukan. Sedikit merepotkan jika traffic sedang kurang bersahabat dan harus mampir ATM atau SPBU. Plus, tidak semua tempat bisa swipe.  Baterai HP usahakan full. Supaya bisa maksimal buat cari info plus rute jalan. Power bank will be great! Bagi saya  yang punya maag (baca suka makan), sarapan sebelum berangkat juga wajib. hehe. Cemilan tak lupa :D

Alhamdulillah kita terselamatkan google maps dan waze. Jadi terhindar macet. Plus saat itu kita berangkatnya pagi, jam 7 dan jam 9.30 sudah sampe Bandung. Yeaay.. Tol luancaaar caarr. Kita diarahkan lewat jalan tikus yang meski banyak belok tapi bebas macet. Mayan lah.. Jadi  nambah pengetahuan gitu. Sepanjang perjalanan Depok - Bandung Naura bubuk nyenyaaak.. Dia kenyang soalnya sebelum berangkat uda sarapan dulu. Good job, Naura! ^^ Oia, sebisa mungkin sebelum berangkat kita sudah pelajari rute yang disarankan oleh google maps atau waze. Ini memudahkan pada saat perjalanan lho.. Karena kita sudah ada sedikit bayangan tentang rute yang akan ditempuh.


Sampe Lembang kita langsung lihat plang Kampung Gajah. Dalam bayangan saya ini akan ada banyak gajah bertebaran gitu... Dan ternyata tidak sodara-sodara. Ada banyak gajah sih, tapi cuma patung-patung doank. Haha saya ketipuuu! Dan saking kagetnya karena ketipu saya engga foto donk di depan Patung Gajah legendaris itu :D Langsung meluncur aja ke dalam. HTM 20rb per orang dan 10rb per mobil. Kita kena 50rb (Naura free karena masih bayi). Saya dan suami giraaaaang  banget. Kayanya sih kita berdua uda berpuluh tahun ga masuk tempat rekreasi gini. Duh keciaan! Naura sih masih belum loading secara masih bangun tidur. Ternyata puanas disana. Pake bangeets. Engga dingin seperti yang saya kira. Jadi Naura saya  gantiin baju pendek dulu. Plus topi, tepatnya kupluk sih. Ayah menggendong Naura, saya menenteng back pack. Uda masuk sana dan bengong haha. Dont know what to do. Iyes kami pun bengong. Celingukan mo ngapain ya ini? :D

Pergilah kita ke loket. Baca-baca ada apa aja disana. Kalo dilihat memang seumuran Naura ini perlu  yang semacam taman-taman gitu deh. Bukan yang naik wahana. Pilihannya banyak:

  • Waterboom. Gede banget dan bisa sampe bosen kalo seharian main disini. Cocoknya sih buat yang uda SD kali ya. Yang uda mulai penasaran maen seluncuran dan model wahana lain yang menantang. Kalo buat Naura yang kecipak kecipak doank saya rasa agak kemahalan. Mengingat masuknya waterboom all in diatas IDR 100rb. Better main di kolam hotel wae lah :D Skip.
  • Taman teletubbies, taman sepeda air, taman mobil. Masih belum cocok buat Naura. Skip. 
  • Mengendari ATV. Jelas. Skip.
  • Naek gajah. Skip.
  • Buanyaak siih. Saya enggak apal. 
Akhirnya kita naek andong. IDR 60rb seputaran. Disini terjadi over expectation. Kita pikir donk ya ini naek andong keliling Kampung Gajah. Ternyata tidaaaaaak...  Rutenya deket buangeeet. Ya ampun ga sampe 10 menit. Dan rute yang dilewati pemandangannya garing  banget. Saya dan suami sampe bisik-bisik, "haah, udah gini aja?". Gak mau rugi kita minta tolong mas-nya buat fotoin kita. Setidaknya ada momento. Meski masih agak ngedumel. Alhamduillah hasil fotonya oke. Jadi sedikit terbayar kuciwanya.

Lalu kita pun bengong mo ngapain lagi ya? Puter-puter kita tertarik  naik kuda. Duh.. ceritanya sih pengen Naura yang  naek kuda. Tapi kan harus ditemani. Suami suggest saya aja sambil gendong Naura. Biyuuh.. ternyata naek kuda itu suerem abiisss. Saya rasanya jantungan. Engga lagi-lagi deh T_T. Padahal cuman seputaran gitu doank.. Horor  bagi saya deh. Takut tetiba kudanya ngamuk. Kan ga lucu tuh kalo sampe nyungsep..

Habis maen kuda kita liat ada Bapak Tua gitu maen balon air. Gelembungnya bisa gede-gede gitu.. eh malah kita ada kali sejam ngeliatin Bapak ini beraksi. Naura suka banget. Langsung yelling kegirangan pas liat gelembung. Mungkin hal baru kali ya buat Naura.. Kelar liat atraksi ini uda semakin siang dan semakin panas. Kita pun putusin buat cuss mo cari maem. Bye Kampung Gajah..

PR selanjutnya: Hotel! Pengennya murah meriah. Rencana awal kita mau nginep di daerah Lembang yang deket Kampung Gajah. Tapi kok yang sesuai dengan budget kita engga ada.. Haha. Maunya  banyak, tapi emoh bayar mahal :D Rencana berubah, kita  mau nginep di tengah kota Bandung aja. Nah kita lack of plan disini nih... Tau sendiri kan Bandung kalo weekend puenuh gitu malah ga buru-buru reserve hotel. Yayaya.. Lesson learned banget ini. 

Kita mau nginep di Sheraton Dago donk ya.. Kesengsem sama suasana resortnya itu. Tapi apa daya kantong tak mampu hahaha. Meringis doank akhirnya. Lewat depan Sheraton sambil nelen ludah. Gleekk! Above 2jt per night. Hellooow... Its a big no no. 

Di sebelahnya ada The Silk Boutique Hotel. Masih kawasan Dago juga, muepet sama Sheraton. Kena 850rb per night. Sreg engga sreg  gitu. Buat harga segitu tapi engga ada kolam renangnya. Suasananya kurang "kita". Uda ngintip kamarnya. Ini cocok buat yang suka suasana chic mininalis gitu. Masih gress hotelnya. Nyoba lunch disini. Lumayan loh.. Saya suka makanannya. Harganya reasonable untuk ukuran hotel. Saya pesan fruit salad, chicken mushroom soup, cheese carbonara, ice lemon tea and ice coffee ga sampe IDR 150rb loh. Standard cafe aja kan? Tapi kalo kata suami sih mendingan makan lalapan Sunda haha. Ya iyalah.. Kenyangnya beda. Kenyang makan dan galau pun dimulai lagi. Mo nginep dimana euy? Kita mulai lelah dan memutuskan ke pusat kota aja. 

Keinget sama Savoy Homann di Jl Asia Afrika. Sudah pernah nginep disini dan sukaaa banget sama menu breakfastnya.  Cocoklah buat yang norak kaya saya ini. Semua mau dimakan :D. Kamarnya sih engga gitu gede. Paling 20 meter persegi.Pas ditelpon langsung girang donk ya.. Harganya ga jauh beda sama kita pas nginep kapan itu. IDR 720rb per night. Tapi kolamnya lagi ga bisa. Emm.. agak kuciwa tapi ya wislah. Udah mulai cape.. Sepanjang perjalanan Dago ke Savoy masih coba cari alternatife hotel karena sedari awal pengen nginep kawasan Dago. Ada beberapa hotel yang kita liat dan g sreg. Ada yang spooky dan ada yang kesannya hotel "macem-macem" gitu deh. 

Uda hampir sampe ke Savoy kita liat plang Hotel Prama Grande Preanger. Seems good nih hotel. Saya buruan googling donk ya buat liat gambar dalamnya hotel. Kok kayanya lebih bagus. Haha.. Bimbang lagi donk kita :D Harganya IDR 760rb per night dan swimming pool available. Waduh langsung berubah pikiran dan langsung cuss masuk ke parkirannya Hotel Prama Grande Preanger ini. Memang kita pasangan galau. Kita pun cancel yang di Savoy dengan alasan pengen renang (emang iya sih..). Alhamdulillah.. Ga salah pilih. Kamarnya gede, lantainya berkarpet dan suasananya oke. Yes, kelelahan ini terbayaar :D Sarapannya oke punya. Banyak opsi. Satisfied! Sayang kita ga sempat foto bertiga disini, Naura aja yang eksis hehe.

Overall, weekend escape kali ini kita puas buangeeet... Pengen main lagi next time. Lebih oke kalo  bisa stay di Sheraton Dago Hotel, haha. 

No comments:

Post a Comment