Tuesday 23 September 2014

Cake Coklat Kukus (No Oven No Mixer)

Weekend kemarin ke Bandung jenguk keponakan saya yang lucu, namanya Satrio. Sebelum berangkat kebayang bawa oleh-oleh cake bikinan sendiri. Pengennya bikin muffin keju yang ditaruh di cup-cup lucu sama cake coklat ni yang dicetak di loyang brownies. Eh eh.. di hari H, Ayah tetiba donk ya  ngajakin berangkat pagi yang harusnya berangkat sore. Nah suka gugup deh kalo gini. Yang sempat tereksekusi cuma cake coklat.. Itupun cuma mateng seloyang. Yang muffin engga kesentuh samsek. Resep ini saya peroleh dari blognya Mba Endang, JTT. Hasilnya sesuai ama yang dijelasin sama Mba Endang. Moist and ga bikin sereten. Adonannya empuk kenyal lembut gitu. Saya sukaaa :D

Resep ini saya eksekusi untuk  yang kedua kalinya pas buat cake surprise ultah suami. Bikinnya dadakan tapi hasilnya optimal. Saya suka dengan teksturnya yang pas. Resep ini no mixer and no oven ya. Siapapun bisa bikin asal ada timbangan dan kukusan/langseng/dandang. Super simpel! Resep asli bisa di intip di sini ya..

Bahan: 
  • 170 gr mentega (saya pakai blueband for cake)
  • 150 gr gula halus (bisa pakai gula pasir diblender)
  • 200 ml susu cair (saya pakai 125ml susu UHT plain ditambah  75ml air)
  • 2 butir telur ayam suhu ruang, kocok lepas sebentar
  • 125  gr tepung terigu (saya pakai segitiga biru)
  • 45 gr coklat bubuk (saya pakai cocoa, pas1 bungkus)
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt soda kue (aslinya pakai baking soda dan saya tidak punya)
  • 1 sdt vanilla bubuk 
  • 1/4 sdt garam
Cara membuat: 
  1. Siapkan loyang. Olesi mentega dan taburi tepung. 
  2. Panaskan kukusan. Air hingga menyentuh sarangan. Tutup kukusan dilapisi kain atau serbet agar tetesan uap tidak jatuh ke adonan. 
  3. Masukkan mentega, gula pasir, vanilla, garam dan susu kedalam panci. Rebus hingga hampir mendidih. Ketika sudah mau bergejolak matikan kompor. Tunggu hangat kuku. Masukkan kocokan telur. Jika masih panas maka telur akan berserabut.
  4. Ayak tepung terigu, coklat, baking powder, dan baking soda. Bisa juga dengan mengaduknya dengan sendok kering agar semua bahan kering tercampur rata.  
  5. Masukkan tepung ke larutan mentega. Sedikit2. Dan jangan terlalu kencang mengaduknya. Adonan akan ada gumpalan sebesar kacang tanah. Biarkan. Jika mengaduk terlalu kencang adonan akan keras.
  6. Tuang ke loyang. Kukus api sedang 40 sd 45 menit. Jangan dibuka selagi  mengukus. Kue tidak akan mengembang sempurna. 
  7. Lakukan tes tusuk dengan tusuk gigi. Jika tusuk gigi kering maka cake siap diangkat.
  8. Tunggu agak dingin dan tuang. 
  9. Jika ingin menghias dengan butter cream, pastian kue telah dingin betul agar butter cream dapat menempel sempurna dan tidak mencair. 

No comments:

Post a Comment